pupuk kascing

PENGARUH PUPUK ORGANIK KASCING (POK) DAN NPK TERHADAP SIFAT KIMIA TANAH DAN HASIL KACANG PANJANG DI LAHAN KERING DESA PEGOK KABUPATEN BADUNG
I.K. Kariada, N.L. Kartini , dan I.B. Aribawa
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali; Jl. By Pass Ngurah Rai, Pesanggaran, Denpasar
Telp/Fax : (0361) 720498 PO. Box 3480

ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan pada MH 2002/03 di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Udayana Desa Pegok Kabupaten Badung. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik kascing (POK) dan NPK terhadap sifat kimia tanah dan hasil kacang panjang. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) pola faktorial dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah pupuk organik kascing (POK) yang terdiri dari empat dosis yaitu : 0 kg /ha POK (k0); 2500 kg/ha POK (k1); 5000 kg/ha POK (k2) dan 7500 kg/ha POK (k3). Faktor ke dua adalah pupuk NPK yang diberikan dalam bentuk Rustika yellow yaitu : tanpa pemberian NPK (a0) dan 100 kg/ha NPK (a1). Hasil percobaan menunjukkan interaksi POK dan NPK berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pH tanah, C-organik dan hasil kacang panjang. Sedangkan terhadap N-total tanah hanya perlakuan POK yang menunjukkan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01). Hasil kacang panjang tertinggi terlihat pada kombinasi perlakuan a0k3 yaitu 4,76 t/ha.
Kata kunci : pupuk organik kascing, NPK ('rustica yellow'), kacang panjang, sifat kimia tanah, pH tanah, C-organic tanah, N-total, produktivitas
PENDAHULUAN
Kacang-kacangan merupakan tanaman yang penting di Indonesia, karena merupakan komoditas bernilaiekonmi yang strategis dan potensi pengembangannya cukup besar. Kacang-kacangan seperti kacang panjang merupakan sumber protein nabati, vitamin dan mineral.
Kacang panjang atau Vigna sinensis umumnya dipanen dalam bentuk polong muda. Polong muda kacang panjang banyak mengandung vitamin A, B dan vitamin C, sedangkan biji yang sudah tua mengandung protein 2,7 g. lemak 0,3 g, karbohidrat 7,8 g dan 34 kilo kalori untuk setiap 100 gram berat bersih bahan (Irfan, 1985).

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: